Pertamina Gelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi 2009



17 September 2009 oleh yanto  
Kategori: Berita

JAKARTA–Sukses menggelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (OSN-PTI) Tahun 2008, PT Pertamina (Pesero) kembali menggelar OSN-PTI 2009.

OSN-PTI adalah ajang penjaringan bibit unggul di bidang sains, utamanya Kimia, Fisika dan Matematika di kalangan perguruan tinggi. Melalui ajang ini, pemenang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade Sains di tingkat internasional.

OSN-PTI 2008 diikuti sebanyak 4.666 mahasiswa. Jumlah ini melampaui target yang diharapkan penyelenggara saat itu sebanyak 2.000 mahasiswa. ”Kami gembira dengan antusiasme mahasiswa Indonesia mengikuti OSN-PTI 2009. Hal ini mendorong kami untuk menyelenggarakan OSN-PTI 2009,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero), Toharso.

Pertamina optimistis bahwa antuasiasme mahasiswa mengikuti OSN-PTI 2009 sangat besar. Peserta tahun ini diharapkan bisa mencapai 10 ribu mahasiswa. Untuk itu, Pertamina selaku penyelenggara telah melakukan serangkaian persiapan, termasuk memperluas mitra penyelenggara. Selain Universitas Indonesia, tahun ini Pertamina juga menjalin kerja sama dengan harian umum Republika, serta instansi terkait lainnya.

Penyelenggaraan OSN-PTI 2009 terdiri dari empat tahapan, yakni pendaftaran, seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat nasional dan penetapan pemenang. Kegiatan berupa pendaftaran telah berlangsung sejak tanggal 5 September 2009 dan akan berakhir 26 Oktober 2009.

Seleksi di tingkat daerah akan berlangsung secara serentak di masing-masing provinsi tanggal 3 November 2009. Seleksi tingkat nasional berlangsung di Jakarta tanggal 4-9 Desember 2009. Penetapan pemenang akan diumumkan tanggal 9 Desember 2009.

Untuk seleksi di tingkat daerah (provinsi) akan diselenggarakan oleh perguruan tinggi terkemuka di provinsi bersangkutan. Untuk setiap provinsi akan dipilih tiga pemenang untuk masing-masing bidang. Sedangkan seleksi di tingkat nasional akan berlangsung di Jakarta. Seleksi dilakukan oleh Tim dari Universitas Indonesia. Di tingkat nasional akan ditetapkan tiga pemenang untuk masing-masing bidang. Pertamina menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp 2 miliar lebih.

Pendaftaran peserta dilakukan melalui website www.osnpti.com. OSN-PTI 2009 terbuka untuk seluruh mahasiswa S-1, minimal duduk di semester tiga. Peserta bukan pemenang tingkat nasional OSN-PTI 2008, atau mahasiswa yang pernah mengikuti Olimpiade Sains Internasional.

Pendaftaran bersifat perorangan, dengan melampirkan foto copy kartu mahasiswa yang masih berlaku. Peserta harus melampirkan pula surat keterangan dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor.

Panitia telah melalukan roadshow ke berbagai pihak. Antara lain ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.3 September 2009 lalu.
“Direktur Jendral Pendidikan Tinggi sangat mendukung pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) 2009 yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) dan siap memfasilitasi sosialisasi hal ini ke seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia melalui video conference yang akan di jadwalkan 15 September 2009,” jelas Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Diretorat Pendidikan Tingi, Bapak Prof. Ir. Suryo Apsoro Tri Utomo, Ph.D.

Pertamina mengajak mahasiswa berpartisipasi aktif dalam OSN-PTI 2009. ”OSN-PTI merupakan wahana untuk membangun kesadaran akan pentingnya meningkatkan prestasi bagi para generasi penerus bangsa di masa yang akan datang Para mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membawa perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik. ,” kata Toharso.

Disadari bahwa bangsa ini sangat bergantung pada generasi penerusnya. Karena itu, sudah selayaknya mereka yang berprestasi dan menunjukkan kualitas yang baik diberikan penghargaan yang pantas. ”Pertamina melihat kalangan mahasiswa pun perlu mendapatkan perhatian dan dana untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya,” papar Toharso. /yto

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pertamina Gelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi 2009"

Posting Komentar