Evaluasi!!

Di bagian ini sebenarnya aku ingin coba cari solusi bagaimana seharusnya aku me-manage hidup.
Akhir -akhir ini, perasaan "hidupku ndak ada tujuan and cape banget". Biasanya meski aktivitasku banyak and bisa melelahkan, aku tetap fun. And ternyata emang terbawa jadi fun.Akan tetapi cukup beda ama sekarang, aku merasa kegiatan -kegiatanku itu mudah tetapi dalam pelaksanaannya malahan aku merasa kewalahan. Ndak tahu ada apa di pikiranku nih.
Astagfirullah, sebenarnya ada dosa apa yang telah aku buat hingga aku tak merasa tenang seperti biasa? Oh iya, memang ada 1 hal yang ku anggap konyol akhir -akhir ini. Mungkin ini salah satu dari kesalahanku ya. Aku coba ceritakan sedikit :
Di kampus aku berusaha bisa beradaptasi sebisa mungkin agar proses belajar menuju segala tujuanku berjalan dengan baik. Usaha pertamaku yaitu mencari motivasi. he5, Motivasi adalah hal yang aku anggap sangat perlu dalam hidup aku,, tanpanya pasti bakalan 'sesat' hidup ini. Akan tetapi ada kesalahan yang kuperbuat dalam pembuatan motivasi ini. Motivasi yang aku prioritaskan yaitu mencari dari lawan jenis (ngerti kan maksudnya??Maklum Remaja). He5, Pencarian pun dimulai hingga akhirnya aku nemu deh buat dijadiin objek.
Dia teman sekelasku di kampus.hehehe, aku sebelumnya belum pernah kenal dia lebih dekat and ngobrol seringpun ndak. Ketemu aja paling cuma sekilat -kilat di kelas. Namun, aku tetap memaksakan nemu motivasi dari dia. Hal ndak biasa yang aku paksakan yaitu aku mencari foto2nya dia fb and iseng -iseng ku edit. Ada beberapa foto yang ku edit tanpa izin and isinya ndak sepantasnya seorang muslim sejati ndak gitu deh. Aku mengatakan rasa sukaku di dalam foto editanku. Salahnya aku lagi, aku upload tuh di fb and nama dia, aku tag di sana. hehehe,,,Oh iya, sekalian aja barang kali dia baca ini text aku menekankan kalau yang bisa lihat foto editan itu cuma dia aja ma aku. hehehe, cz it is so private. And insya allah ndak akan menuai "fitnah". Kata 'fitnah' itu yang buat aku ndak tenang juga deh (hehehe...Ntar paling di ceritain lagi sesi yang lain tentang kata 'fitnah'). Yang mau aku katakan sekarang, maaf kan aku ya. Aku berharap bisa berjalan normal kembali. . . Tapi sih emang yang salah sih aku juga, jadi sekarang yang bisa ngendaliin emosi ini ya diri aku juga.
Mudah -mudahan aku bisa segera tenang kembali. Kita tetap berteman.
Terus, sebenarnya masih ada hubungan lagi ama cerita di atas. Aku tuh sebenarnya masih and mungkin akan terus ada suatu 'janji' ma seorang akhwat yang lain. hehehe, Tapi kok aku ngelakuin hal yang diatas sih???hehehe...Mungkin ini juga yang buat aku ndak tenang juga. Rasanya aku belajar menjadi seseorang yang jahat. Aku belum bisa manage hati aku sendiri soalnya. Aku cuma mikirin diri sendiri za. Astagfirullah....

Oh berhubungan soal ketenangan, cara belajar dan aktivitasku jadi ndak karuan. Seperti yang aku katakan di awal. Tiada tujuan, bikin aku jadi cape sendiri. Contohnya,dari awal aku sekolah di kampus ini. Aku berusaha untuk bisa berprestasi dalam hal yang aku bisa (akademik atau apalah). Aku sadar perlu usaha and doa yang keras buat itu. Di awal aku sangat semangat dan optimis sekali, Aku yakin bisa. Namun, ke sini -sini nya aku merasakan kejenuhan dengan semangat dan keoptimisanku ini. Astagfirullah,,,, Aku jadi orang yang salah dalam mengartikan kata "bisa dan mudah". Aku malah jadi orang yang agak tinggi hati di kampus rasanya, ini ndak seimbang dengan prestasiku di kampus. heheheheh, Ada beberapa hal yang harus di evaluasi mengenai prestasi.
1. UTS Kalkulus : Sebenarnya aku bisa UTS ini hanya saja masih ada sedikit kesombongan di hati sehingga aku mendapatkan 2 kesalahan di sini.
2. Praktikum Kimia : Praktikum pertama sih aku sudah cukup bahagia and menganggap kalau ternyata praktikum itu ndak sulit -sulit amat. Eh, ternyata dari hasil evaluasi praktikum pertama yang aku terima tadi. Aku mendapatkan nilai 50 dari skala 100. Astagfirullah, Parahnya lagi aku karena sebelumnya ndak nyangka ini bakalan kejadian. Buat praktikum ke dua. Skala belajarnya jadi dikurangi buat praktikum. Padahal aku pada praktikum pertama sudah meng -azamkan di dalam hati kalau aku akan berusaha lebih baik di praktikum selanjutnya meski praktikum pertama bisa aku atasi. Astagfirullah...
3. Pelajaran kimia : sebelumnya di sma aku termasuk orang yang cukup bisa mengerjakan persoalan -persoalan kimia. Sekarang di kampus, rasanya aku merasakan sesuatu yang aneh and ndak aku dapatkan di SMA. hehehe, Pelajarannya agak lama aku serap. Oh iya, di kelas ku itu ada orang yang sangat pintar buat pelajaran kimia. Prestasinya sudah dikenal banyak orang -orang terkenal. Memang ada perasaan iri di hati. Tapi sebenarnya aku harus bersyukur di pertemukan dengan orang seperti dia. Aku pikir pasti aku bisa seperti dia minimal. Amiin, tapi kok aneh juga, usahaku tak sebanding dengan cita -cita/ harapanku.
4. Organisasi : ada beberapa organisasi yang aku ikuti bentrok jadwal. Aku jadi cukup bingung, aku ingin aktif di berbagai organisasi. Tapi kenyataannya aku malah kayak gini, aku malah ndak tahu sebenarnya aku aktivis mana??? Namaku belum dikenal banyak orang (ini bermakna konotasi ya, bukan maksud semua aktivitas yang bermanfaat dari ku buat orang lain di ketahui oleh banyak orang bahwa aku yang buat).

4 masalah yang sedang aku hadapi. Aku butuh solusinya nih kawan. Di bacaan di atas sana banyak sekali kata -kata negatifnya. Aku harus menggantinya dengan kata -kata positif sekarang. Menurut buku yang aku baca sih seperti itu, alhmadulillah ternyata di kehidupan sebelumnya ini berjalan dengan lancar dan efektif. Nah, sekarang aku akan mulai buat solusi buat masalah -masalah aku di atas :
Pada dasarnya tujuanku dan usahaku cukup baik. Tapi ada hal -hal yang ndak sinkron antara aplikasi ama pikiran. Hal yang pertama yang harus aku lakukan, aku harus berusaha lebih dekat dengan Allah. Kita butuh ketenangan dulu kan!! So, aku harus perbaiki cara beribadah (terutama shalatku. Yang sampai sekarang masih ada juga yang kelewat terutama isya. Astagfirullah.. dosa besar banget nih). Mudah -mudahan dengan ini aku bisa lebih baik and semakin baik. Kedua aku harus bisa mengefektifkan waktu ini, berusahalah bikin jadwal yang fleksibel dan anggap "everyday is the best day ever!!!!". Insya allah bisa, karena Allah akan bersama selalu. Ingat ya!! Hanya kepada Allah lah kita beribadah and meminta pertolongan. Terus, dulu aku pernah kayak gini and solusinya yaitu aktif di kegiatan keagamaan dalam hal ini mungkin rohis kampus. Kerasa banget manfaatnya loh! Mudah -mudahan ini bisa bekerja dengan baik lagi untuk problem sekarang. Oh iya jangan lupa baca -baca buku tentang pengembangan diri dan manajemen hati. Kayaknya aku dah jarang baca buku kayak gitu. Dulu semangat banget baca buku. Ya Allah maafkan hamba -Mu ini. And terakhir seperti yang dikatakan ama kamu di awal, buat fun semuanya terus berikan pikiran -pikiran positif pada diri kamu. Contoh "Insya Allah Bisa, everyday is the best day ever, Semangat and optimis selalu, Aku bisa bagi waktu aku antara belajar dan organisasi insya allah, insya allah aku cumlaude di TPB, insya allah aku bisa dapetin ganesha prize, etc" tapi ingat ya pakai kata insya allah terus barengi ma ikhtiarnya. Kita kan punya motto " sesuaikan ikhtiar dengan harapan, tapi jangan kebalikannya."
Kita jalani prosesnya dan lihat apa yang terjadi Mi!!!!SUKSES selalu insya allah.

"Jalan di depan masih cukup panjang. Banyak persimpangan jalan yang bisa kita lewati untuk sampai di tujuan kita. Jadi jangan khawatir kita akan tersesat. Asalkan kita ingat selalu tujuan kita. "

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Evaluasi!!"

Posting Komentar